Semoga Turnamen E-Sport BES Championship Lahirkan Atlet Berprestasi

dsc02628 copy

Semoga Turnamen E-Sport BES Championship Lahirkan Atlet Berprestasi

E-sport atau olahraga elektronik telah menjadi salah satu fenomena yang populer belakangan ini. Banyak turnamen E-sport yang diselenggarakan di berbagai belahan dunia dengan hadiah jutaan dolar. Indonesia tidak mau ketinggalan dengan adanya BES Championship, sebuah turnamen E-Sport yang diadakan setiap tahun. Tujuan dari turnamen ini adalah untuk mencari atlet E-Sport terbaik di Indonesia dan mempersiapkan mereka untuk menjadi atlet E-Sport Indonesia yang mampu berkompetisi di tingkat dunia.

1. Sejarah BES Championship

BES Championship pertama kali diadakan pada tahun 2018 dengan tujuan untuk mempromosikan olahraga elektronik sebagai bagian dari olahraga yang diakui di Indonesia. Turnamen ini diadakan oleh Asosiasi E-Sport Indonesia (IESPA) dan didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga. Dalam turnamen ini, terdapat beberapa jenis permainan seperti Dota 2, Mobile Legends, PUBG dan Counter-Strike: Global Offensive.

2. Proses Seleksi dan Pembinaan Atlet

Untuk bisa menjadi peserta di BES Championship, setiap atlet harus melewati serangkaian tahapan seleksi yang ketat. Tahapan pertama adalah seleksi online yang dibuka untuk umum. Setelah itu, atlet terbaik dipilih untuk mengikuti seleksi offline di Jakarta. Setelah melalui seleksi offline, atlet terbaik akan diberi pembinaan oleh pelatih profesional selama beberapa bulan sebelum mengikuti turnamen.

3. Hadiah dan Perkembangan

Hadiah dalam BES Championship pasti selalu menjadi incaran para atlet E-Sport di Indonesia. Pada tahun 2018, total hadiah yang diberikan mencapai 3 miliar rupiah. Sementara pada tahun 2019, total hadiah BES Championship meningkat drastis menjadi 14 miliar rupiah. Dengan hadiah yang semakin besar setiap tahun, BES Championship semakin menarik minat para atlet E-Sport Indonesia.

4. Dukungan dari Pemerintah

BES Championship mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia. Kementerian tersebut menyadari bahwa E-Sport bukan hanya sekadar permainan, tetapi juga dapat memajukan industri game di Indonesia dan meningkatkan nilai ekonomi. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia berencana untuk menyelenggarakan Kejuaraan E-Sport Asia dan dunia pada tahun 2024 untuk menunjukkan bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah bagi kompetisi E-Sport yang besar.

5. Penyelenggaraan BES Championship di Tengah Pandemi

Meski pandemi Covid-19 melanda sejak tahun 2020 dan berdampak pada banyak kegiatan olahraga, BES Championship tetap diselenggarakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Pada tahun 2020, turnamen ini diadakan secara daring tanpa penonton fisik. Namun, pada tahun 2021 BES Championship akan diselenggarakan secara offline dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, termasuk penonton hanya diperbolehkan dalam kapasitas terbatas dan harus menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19.

6. Harapan Atlet E-Sport Indonesia

Sudah menjadi rahasia umum bahwa para atlet E-Sport di Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menjadi atlet E-Sport yang berprestasi. Namun, mereka perlu mendapatkan dukungan yang lebih besar dari pemerintah Indonesia, klub E-Sport, maupun sponsor untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi sebelum memasuki arena internasional. Dengan adanya BES Championship, diharapkan atlet E-Sport Indonesia bisa meraih prestasi yang lebih membanggakan di tingkat internasional.

7. Perkembangan E-Sport di Indonesia

E-Sport di Indonesia semakin berkembang dengan pesat. Hal ini terlihat dari banyaknya kompetisi dan turnamen E-Sport yang diselenggarakan. Bahkan, saat ini E-Sport mulai dikenal sebagai mata pencaharian di Indonesia, seperti kebanyakan Negara lain. Namun, E-Sport masih dianggap sebagai permainan dan tidak diakui sebagai olahraga. Sudah saatnya olahraga elektronik diakui sebagai bagian dari olahraga yang diakui di Indonesia.

8. Peningkatan Kualitas Atlet E-Sport Indonesia

Dalam beberapa tahun terakhir, atlet E-Sport di Indonesia menunjukkan perkembangan yang pesat, baik dalam hal keterampilan bermain maupun taktik yang digunakan. Sejumlah atlet E-Sport asal Indonesia berhasil meraih prestasi dalam skala internasional, seperti Sangyoon dengan prestasinya di Korea Selatan dan Setiyawan Santosa untuk arena SEA Games. Dengan adanya BES Championship, diharapkan para atlet ini semakin bersemangat untuk meningkatkan kualitas diri dan mempersembahkan prestasi terbaik untuk Indonesia.

9. Dampak Positif E-Sport bagi Masyarakat

E-Sport tidak hanya memberikan pengalaman kesenangan bermain game yang menyenangkan, tetapi juga mendukung tumbuh kembang sektor industri teknologi dan hiburan di Indonesia. Selain itu, E-Sport juga menjadi lapangan pekerjaan bagi orang-orang yang memiliki keterampilan bermain game dan menjadi salah satu pendapatan utama bagi para atlet E-Sport.

10. Kesimpulan

BES Championship merupakan salah satu peran penting dalam mengembangkan industri E-Sport di Indonesia. Turnamen tersebut tidak hanya mencari atlet E-Sport terbaik, tetapi juga memperkenalkan E-Sport sebagai bagian dari olahraga yang dapat diakui oleh pemerintah Indonesia. Dengan adanya BES Championship, para atlet E-Sport Indonesia semakin memiliki kesempatan untuk memperlihatkan keterampilan terbaik mereka dan meraih prestasi di tingkat internasional. Dampak positif E-Sport tidak hanya pada industri, tetapi juga memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan menjadikan Indonesia sebagai pusat kompetisi E-Sport di Asia. Maka, tidak ada salahnya untuk mendukung kegiatan ini supaya bisa lebih memajukan bangsa Indonesia.