Sulitnya Sholat Subuh Berjemaah di Hotel

pexels konevi 2236674

Sulitnya Sholat Subuh Berjemaah di Hotel

Sholat Subuh adalah salah satu sholat yang dianjurkan bagi umat muslim. Terutama bagi yang tinggal sementara di hotel maupun apartemen saat bepergian keluar kota. Berbeda dengan ketika di rumah, sholat subuh di hotel seringkali menjadi sulit untuk dilakukan berjemaah. Padahal, sholat berjemaah memiliki nilai pahala yang berlipat ganda. Lalu, apa sebabnya sulitnya sholat subuh berjemaah di hotel?

1. Tidak Ada Masjid di Sekitar Hotel

Hal pertama yang menjadi kendala dalam melaksanakan sholat subuh berjemaah di hotel adalah tidak adanya masjid di sekitar hotel. Beberapa hotel memang menyediakan ruang sholat, namun terkadang ruangan tersebut sangat sempit dan tidak memadai untuk menampung banyak jamaah. Sehingga hotel tersebut menjadi sepi dari jamaah yang hendak melaksanakan sholat subuh.

2. Waktu Subuh yang Satu atau Dua Jam Lebih Awal

Kendala selanjutnya dalam melaksanakan sholat subuh berjemaah di hotel adalah waktu subuh yang satu atau dua jam lebih awal dibandingkan dengan waktu subuh di kota asal Anda. Hal ini biasanya terjadi ketika Anda melakukan perjalanan ke timur. Misalnya dari Jakarta ke Bali, yang memiliki selisih waktu satu jam. Waktu subuh di Bali akan lebih awal satu jam dibandingkan waktu subuh di Jakarta.

3. Energi yang Terkuras Selama Perjalanan

Ketika melakukan perjalanan jauh, biasanya energi kita akan terkuras habis. Terutama jika perjalanan dilakukan dengan pesawat terbang yang membuat tubuh kita tidak bisa bergerak dengan leluasa. Sehingga ketika sampai di hotel, biasanya badan akan merasa sangat lelah dan malas untuk bangun tidur dan melaksanakan sholat subuh berjemaah.

4. Suasana Hotel yang Sejuk dan Nyaman

Salah satu alasan mengapa sulit untuk melaksanakan sholat subuh berjemaah di hotel adalah karena suasana hotel yang sejuk dan nyaman. Terutama jika hotel tersebut memiliki kamar yang dilengkapi dengan AC. Sehingga kita merasa sangat nyaman berada di kamar dan malas untuk bergerak keluar.

5. Keterlambatan Bangun Tidur

Ketika berada di hotel, kita biasanya memiliki waktu yang lebih luang. Sehingga, kita cenderung terlambat bangun tidur. Terutama jika malam sebelumnya kita memaksakan diri untuk menghabiskan waktu dengan menonton TV atau berselancar di internet. Sehingga, ketika waktu subuh tiba, kita masih merasa sangat lelah dan malas untuk bangun tidur dan melaksanakan sholat subuh.

6. Menyesuaikan dengan Jadwal Perjalanan

Menyesuaikan jadwal perjalanan seringkali menjadi kendala dalam melaksanakan sholat subuh berjemaah di hotel. Terutama jika jadwal perjalanan yang kita rencanakan sangat padat. Sehingga, kita terpaksa menunda waktu sholat subuh berjemaah hingga jadwal perjalanan berikutnya selesai.

7. Kurangnya Motivasi

Ketika berada di hotel, motivasi untuk melaksanakan sholat subuh seringkali menjadi kurang. Apalagi jika kita tidak berada di daerah tempat tinggal, sehingga tidak merasa penting untuk melaksanakan sholat subuh dengan berjemaah di hotel.

8. Kendala Pakaian

Ketika berada di hotel, kadang-kadang kita kesulitan untuk memilih pakaian yang tepat untuk sholat subuh berjemaah. Terutama jika kita tidak membawa pakaian khusus untuk sholat. Sehingga, kita terpaksa harus menggunakan pakaian yang tidak layak untuk sholat berjemaah.

9. Sulitnya Mencari Teman Sholat

Ketika berada di hotel, sulitnya mencari teman sholat seringkali menjadi kendala. Apalagi jika kita tidak mengenal siapa-siapa di hotel tersebut. Sehingga, kita terpaksa harus melaksanakan sholat subuh sendirian di kamar hotel.

10. Kesibukan dan Fasilitas yang Terbatas

Ketika berada di hotel, kesibukan dan fasilitas yang terbatas seringkali menjadi kendala dalam melaksanakan sholat subuh berjemaah. Terutama jika hotel tersebut penuh dengan tamu yang memiliki jadwal yang padat. Sehingga, tempat sholat yang disediakan seringkali penuh atau terkadang tidak tersedia.

Dalam melaksanakan sholat subuh berjemaah di hotel, kita harus mengatasi semua kendala tersebut dengan berbagai cara. Kita bisa mencari informasi tentang masjid terdekat atau mempersiapkan pakaian yang layak untuk sholat. Selain itu, kita juga harus memperbanyak motivasi dan semangat dalam melaksanakan sholat subuh berjemaah.

Mengingat pentingnya sholat subuh berjemaah, kita juga mesti mengoptimalkan fasilitas yang tersedia di hotel. Terlebih lagi dengan banyaknya hotel yang kini menyediakan fasilitas untuk melaksanakan sholat, seperti masjid dan mushala di dalam hotel. Dengan begitu, kita bisa lebih mudah dan nyaman dalam melaksanakan sholat subuh berjemaah di hotel. Benarkah demikian? Rasakan sendiri kesulitan dan solusi Anda dalam melaksanakan sholat subuh berjemaah di hotel.

Originally posted 2023-04-17 01:32:42.