Rangkuman Mutakhir Gawai dan Inovasi Google 2023

Screenshot 33

Google baru-baru ini mengungkapkan berbagai inovasi terkini untuk lini gawai Google Pixel, bersamaan dengan kemajuan monumental dalam teknologi artificial intelligence (AI) pada acara Google I/O 2023.

Google I/O adalah perhelatan utama Google yang berlangsung tiap tahun, berisi pengumuman teranyar dan pembaharuan teknologi yang dimiliki Google.

Berikut adalah beberapa gawai dan teknologi terbaru Google yang diumumkan selama Google I/O 2023, dirangkum dari The Verge:

Pixel Fold

Google telah meluncurkan perangkat keras Google Pixel yang menjadi sorotan utama dalam acara Google I/O 2023, salah satunya adalah Pixel Fold. Gawai baru ini menandai debut Google dalam memproduksi layar lipat. Pixel Fold memiliki layar OLED 5,8 inci yang dapat dilipat, serta menampilkan layar 7,6 inci yang lebih luas dan merupakan panel OLED dengan refresh rate 120Hz. Harga Pixel Fold adalah US$ 1.799 atau sekitar Rp 26 juta.

Tablet Pixel

Tablet Pixel memiliki dimensi 11 inci. Perangkat ini berfungsi tidak hanya sebagai tablet biasa tetapi juga layar pintar berkat dok pengisi daya magnetis yang disertakan, juga berfungsi sebagai speaker. Harga Tablet Pixel adalah US$ 499 atau sekitar Rp 7,3 juta.

Pixel 7A

Google juga memperbaharui lini seri A kelas menengahnya dengan penambahan Pixel 7A. Mirip dengan Pixel Fold dan Pixel Tablet, perangkat ini memiliki Cip Tensor G2 Google, bersama dengan layar 1080p 6,1 inci yang dapat berjalan hingga 90Hz. Versi dasar ponsel berharga US$ 499 atau Rp 7,3 juta. Namun, beberapa operator memiliki opsi harga US$ 549 atau Rp 8 juta yang mendukung gelombang milimiter (mmWave).

Wear OS 4 Baru Akan Hadir Akhir 2023

Meskipun Wear OS 3 belum sepenuhnya diluncurkan, Google sudah mempersiapkan diri untuk Wear OS 4. Google mengumumkan bahwa sistem operasi yang diperbaharui akan hadir dengan masa pakai baterai yang lebih baik. Fitur ini menjadi solusi bagi pengguna untuk mencadangkan dan memulihkan jam tangan. Terdapat pula fitur aksesibilitas baru.

Selain itu, Wear OS 4 mendapatkan integrasi rumah pintar yang lebih baik yang memungkinkan pengguna menyesuaikan pencahayaan, mengontrol media, dan melihat pratinjau animasi notifikasi kamera, semuanya dari jam tangan. Wear OS 4 hanya tersedia dalam pratinjau developer dan emulator untuk saat ini, dengan ketersediaan penuh akan hadir akhir tahun ini.

Bard Kini Dapat Diakses Oleh Semua Orang

Google mengumumkan bahwa chatbot berbasis AI, Bard, sekarang dapat diakses oleh semua orang, meskipun ada yang berada di daftar tunggu. Perusahaan juga menambahkan berbagai fitur baru, seperti dukungan untuk bahasa Jepang dan Korea serta metode yang lebih mudah untuk mengekspor teks yang dihasilkan ke Google Docs dan Gmail.

Terdapat juga mode gelap baru dan fitur pencarian visual. Google berencana untuk menambahkan lebih banyak fungsi di masa mendatang. Hal ini termasuk pembuatan gambar AI menggunakan pembuat gambar AI Adobe, yang dikenal sebagai Firefly, serta integrasi dengan layanan pihak ketiga seperti OpenTable dan Instacart.

Google Penelusuran Dapat ‘Snapshot’ Bertenaga AI Google Search mendapat

pembaruan penting dalam bentuk yang dikenal sebagai snapshot AI. Dengan fitur baru bernama Search Generative Experience (SGE), pengguna akan mulai melihat jawaban yang didukung AI di bagian paling atas hasil pencarian untuk beberapa pertanyaan. Ini memberikan lebih banyak konteks untuk pencarian. Anda kemudian dapat mempersempit informasi dalam snapshot dengan pertanyaan lanjutan.

Snapshot AI ini didukung oleh versi terbaru dari model bahasa besar Google (LLM) yang disebut PaLM 2, sesuatu yang juga diumumkan Google di I/O. Model baru ini sudah mendukung 25 layanan Google, termasuk chatbot Bard perusahaan, dan hadir dengan peningkatan dalam penalaran, pengkodean, dan terjemahan.

Opsi Kustomisasi Android Bertenaga AI

Google mengumumkan fitur baru bertenaga AI ke Android. Salah satu fitur ini disebut Magic Compose, yang ada di dalam aplikasi Pesan Android dan memberi Anda kemampuan untuk membalas teks menggunakan tanggapan yang disarankan oleh AI.

Fitur ini memungkinkan penggunaan AI untuk membuat wallpaper sendiri. Alih-alih memilih dari serangkaian opsi yang telah dibuat sebelumnya, pengguna segera dapat mendeskripsikan gambar, yang kemudian akan dihasilkan oleh perangkat menggunakan model difusi teks-ke-gambar Google. Selain itu, Google meluncurkan fitur eksklusif Pixel bulan depan yang memungkinkan Anda menyesuaikan perangkat dengan ‘wallpaper sinematik’ baru.

Aplikasi Google Home Diperbarui

Aplikasi Google Home yang didesain ulang tidak lagi dalam pratinjau publik khusus undangan, dan akan tersedia untuk semua orang mulai Kamis, 11 Mei 2023. Aplikasi yang dirombak hadir dengan beberapa peningkatan besar, termasuk antarmuka atau interface kamera yang lebih baik, tab Favorit baru, dan dukungan untuk banyak jenis perangkat baru.

Fitur Perspektif Google Penelusuran Bisa Dapat Jawaban Manusia

Google pasti mengetahui bahwa sejumlah besar pengguna menambahkan ‘Reddit’ ke penelusuran mereka, karena meluncurkan fitur Perspektif baru yang mendapatkan jawaban dari Reddit, Stack Overflow, YouTube, blog pribadi, dan situs lainnya.

Foto Google Tambah Editor Ajaib Bertenaga AI

Foto Google mendapatkan fitur pengeditan bertenaga AI baru yang memungkinkan pengguna melakukan pengeditan yang cukup signifikan pada foto. Contohnya, seperti menyempurnakan langit, mempindahkan seseorang atau objek, dan menyingkirkan orang di latar belakang. Fitur ini akan tiba di akses awal untuk memilih pengguna Pixel akhir tahun ini.

Google memperkenalkan Duet AI untuk Workspace

Google juga mengumumkan nama baru untuk rangkaian alat AI yang dibawanya ke Dokumen, Spreadsheet, Slide, Meet, dan Gmail, yakni Duet AI. Fitur Ruang Kerja ini memungkinkan pengguna melakukan hal-hal, seperti menulis email atau membuat gambar dari teks di Slide. Namun fitur tersebut saat ini hanya tersedia bagi mereka yang mendaftar ke daftar tunggu.

Inilah persembahan teranyar dari Google dalam I/O 2023 – sebuah kolaborasi antara teknologi AI dan desain produk yang mengagumkan. Dengan inovasi yang tidak henti-hentinya, Google terus memimpin jalan dalam membangun masa depan digital yang lebih cerdas dan lebih nyaman bagi kita semua.

Originally posted 2023-05-15 22:05:25.

Exit mobile version