Yuk Cek, Deretan Laptop AI Terbaik dari Asus Indonesia

Chip Generasi Terbaru dengan Intergrasi Copilot AI dari Asus Indonesia

sdfgsdfgd

AI alias Artificial Intelligence sedang menjadi tren dengan memamerkan performanya yang tidak cuma kencang tapi cerdas. Bahkan kecerdasan tersebut juga digunakan untuk menghadirkan sejumlah fitur canggih dan membuat performanya tetap kencang karena mampu menyesuaikan jenis kegiatan pemrosesan atau komputasi yang berjalan.

Kemampuan AI pada laptop berasal dari CPU atau prosesor yang digunakan. Pada hal ini prosesor harus memiliki teknologi bernama Neural Processing Unit (NPU). Komponen teknologi ini ditujukan khusus sebagai AI engine atau pusat pemrosesan semua beban kerja AI.

Prosesor Intel dan AMD terbaru kini sudah memiliki NPU di dalamnya. Pemusatan beban kerja AI pada komponen NPU dinilai lebih baik dari pada CPU atau GPU karena kinerjanya lebih cepat dan yang penting lebih hemat daya.

Asus Indonesia juga membawa beberapa laptop terbaru yang termasuk sebagai laptop AI, tidak hanya laptop mainstream yang mendukung produktivitas, laptop gaming terbaru di lini Asus ROG juga dibekali NPU untuk kemampuan AI. Inilah jajaran laptop AI terbaik.

Asus Zenbook DUO (UX8406)

Laptop satu ini bisa dibilang sebagai laptop terbaik untuk dan futuristik. Asus Zenbook DUO (UX8406). memiliki dua layar ganda yang sama besar dan salah satu layarnya menempati posisi keyboard. Ya, desain ini bisa tercipta karena keyboardnya memiliki desain magnetik yang bisa dilepas sehingga menawarkan dua layar touchscreen ukuran 14 inci.

Semakin mengagumkan karena Zenbook DUO (UX8406) menawarkan kedua layar dengan panel OLED resolusi tinggi 3K dan bezel yang tipis berkat rasio screen-to-body mencapai 91 persen.

Laptop layar ganda 14 inci ini hadir dengan bobot super ringan hanya 1,65 kg dan ketebalan super tipis di 1,99 cm. Soal performanya tidak diragukan lagi karena spesifikasinya mengandalkan prosesor Intel Core Ultra 7 dan Core Ultra 9 yang dirancang Intel khusus tambahan kemampuan pemrosesan AI.

Pendukung kemampuan AI dari Asus Zenbook DUO (UX8406) adalah RAM LPDDR5 16GB dan storage 1TB berbasis M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD. Sistem operasinya sudah mengandalkan Windows 11.

Asus Zenbook 14 OLED (UX3405)

Bagi kamu yang lebih menyukai form factor biasanya dengan satu layar tapi memiliki bodi tipis dan ringan, Asus Zenbook 14 OLED (UX3405) menawarkan pilihan laptop tipis terbaik yang tetap mampu menawarkan kemampuan pemrosesan AI cerdas dan cepat.

Berbekal layar OLED 14 inci yang jadi ciri khas Zenbook 14 OLED Series, laptop ini menawarkan bobot hanya 1,2 kg. Laptop tipis dikenal memiliki daya tahan baterai yang panjang dan laptop ini diklaim punya daya tahan hingga 15 jam dengan performa yang buas di kelasnya.

Asus Zenbook 14 OLED (UX3405) ditawarkan dengan spesifikasi prosesor Intel Core Ultra Series, tersedia pilihan Intel Core Ultra 5 dan Core Ultra 7, varian pertama dibekalo RAM LPDDR5X 16GB sementara yang kedua 32GB.

Storage besar 1TB berbasis M.2 NVMe PCIe 4.0 SSD juga ikut mendukung kebutuhan pemrosesan AI yang responsif dan cepat.

Asus ROG Zephyrus G14 (GA403)

Melihat kemampuan AI yang menarik mendorong munculnya kalangan pengguna yang juga merupakan gamer ingin ikut mencicipi kehebatan teknologi pemrosesan AI. Lini Asus ROG Zephyrus sejak lama menjadi laptop gaming tipis yang sangat digemari oleh gamer terutama penggemar Asus ROG.

Asus ROG Zephyrus G14 (GA403) menawarkan desain laptop gaming tipis berkat bobot 1,5 kilogram dan ketebalan 1,59 cm. Layarnya yang menyasar segmen 14 inci dibekali NPU Ryzen berbasis XDNA yang tertanam di prosesor AMD Ryzen 8040 Series.

Laptop ini diklaim Asus sebagai laptop gaming AI pertama di dunia dengan ukuran paling ringkas alias compact saat ini. NPU Ryzen berbasis XDNA diklaim memiliki performa pemrosesan AI hingga 40 persen lebih tinggi.

Asus Zenbook S 13 OLED (UX5304MA)

Laptop tipis dengan panel OLED satu ini juga istimewa di antara laptop AI yang dirilis Asus. Asus Zenbook S 13 OLED (UX5304MA) langsung menyediakan tombol khusus di keyboard yaitu Copilot Key.

Fungsi tombol ini adalah menyediakan akses pintas atau shortcut ke kemampuan AI Copilot milik Microsoft. Kemampuan ini memang ditingkatkan lagi oleh Microsoft untuk laptop yang mengusung sistem operasi Windows 11.

Asus Zenbook S 13 OLED (UX5304MA) memiliki ukuran layar 13 inci 3K OLED dengan bodi super tipis yaitu 17,9mm. Laptop ini mengandalkan prosesor Intel Ultra 7 155U dengan RAM LPDDR5 32GB dan storage 1TB M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD.

Asus ROG Zephyrus G16 (GU605)

Jika kamu lebih nyaman dengan layar yang ukurannya lebih besar, Asus ROG Zephyrus G16 (GU605) menawarkan ukuran di kelas 16 inci tapi tetap sebagai laptop gaming AI tipis. Laptop ini memiliki bobot 1,85 kilogram dengan ketebalan hanya 1,49 inci.

Asus ROG Zephyrus G16 (GU605) diklaim sebagai laptop gaming AI 16 inci tertipis dan teringan di dunia. Prosesornya mengandalkan Intel Core Ultra Series mulai dari Core Ultra 7 dan Core Ultra 9 untuk pengguna yang menginginkan performa lebih tinggi.

Spesifikasi dipastikan tinggi sebagai sebuah laptop gaming. Tersedia kapasitas RAM hingga 32GB dengan kapasitas storage 2TB PCIe 4.0 NVMe M.2 SSD. Selain itu kartu grafisnya juga sudah menggunakan lini Nvidia GeForce RTX 40 Series sehingga pengalaman gaming terbaik juga bisa didapatkan di sini.

Asus TUF Gaming A15 (FA507)

Bagi penggemar setia Asus ROG pasti sudah mengenal lini TUF Gaming yang dikenal menawarkan laptop gaming dengan daya tahan tangguh di harga terjangkau. Asus juga menghadirkan laptop gaming AI di lini ini dengan seri TUF Gaming A15 (FA507).

Mirip dengan Asus ROG Zephyrus G14 (GA403), laptop TUF Gaming A15 (FA507) mengandalkan prosesor AMD Ryzen 8000 H-Seriers yang dilengkapi NPU Ryzen berbasis XDNA.

Meskipun mengusung lini TUF Gaming, laptop ini tetap memiliki spesifikasi tinggi. TUF Gaming A15 (FA507) memiliki kapastas RAM DDR5-5600 hingga 32GB dengan storage 1TB PCIe 4.0 NVMe SSD.

Varian prosesor yang digunakan tersedia hingga seri AMD Ryzen 9 8945H untuk pengguna yang ingin performa powerful. Selain itu kartu grafisnya juga tersedia dengan Nvidia GeForce RTX 40 Series.

Computex 2024 Kumpuklan Bos Teknologi Dunia untuk Bahas AI

Pembukaan Computex 2024 resmi dihelat pada tanggal 4 Juni 2024 di Nangang Exhibition Center, Taipei, Taiwan, terfokus pada Connecting AI sebagai tema utamanya. Ajang ini juga dihadiri oleh sejumlah petinggi pemerintahan Taiwan, termasuk Presiden Tiongkok Lai Ching-te.

“Saya berharap industri teknologi akan berkolaborasi dalam investasi untuk mengubah Taiwan menjadi AI Smart Island. Pemerintah akan memastikan pasokan daya stabil, membangun komputer super, dan terus menumbuhkan bakat untuk meningkatkan kemampuan AI Taiwan,” ujar Presiden Lai Ching-te.

Pada gelaran tahun ini, Computex 2024 mengusung partisipan dengan jumlah total sebanyak 1.500 perusahaan dari 36 negara, mengisi sebanyak 4.500 booth. Penyelenggara pameran tahunan ini menargetkan untuk menarik perhatian 50.000 ahli domestik dan internasional untuk berkunjung selama acara berlangsung.
Gelaran ajang Computex tahun ini mencakup enam tema utama, yaitu komputasi AI, konektivitas canggih, mobilitas masa depan, realitas mendalam, keberlanjutan, dan inovasi, dengan penambahan area pameran AI Computing and System Integration, Components and Battery Energy Storage, dan Smart Mobility.

Peserta pameran utama Computex 2024 termasuk Acer, AGI, darkflash, MSI, Asus, Zotac, Gigabyte, Palit, PNY, Intel, Quanta, Supermicro, Wiwynn, hingga NVIDIA.

InnoVEX, area pameran inovasi dan startup, juga merupakan area pameran utama Computex. Pada gelaran tahun 2024 ini, terdapat sebanyak 400 perusahaan startup baru yang berpartisipasi di area tersebut.

Tahun ini, TAITRA telah mengundang sejumlah CEO atau wakil presiden terbanyak sepanjang sejarah untuk menghadiri paparan yang disampaikan di ajang pameran tersebut. Sedangkan Forum COMPUTEX berfokus pada AI generatif, menampilkan pembicara dari NVIDIA, GOOGLE, SYNOPSYS, AWS, MICRON, ARM, SEAGATE, AMPERE, PHISON, dan produsen besar lainnya untuk membahas tentang aplikasi AI dan inovasi perangkat keras utama.

Selain menyelenggarakan pertemuan pengadaan, tur bertema, Tech’em High, ESG GO!, Startup Pitch Contest, dan kegiatan lainnya, TAITRA secara kreatif bekerja sama tahun ini, termasuk memeriahkan Taipei 101 untuk pemasaran.

Original Post roperzh

Exit mobile version